18/10/2021

LPIS PURBALINGGA

Lembaga Pendidikan Istiqomah Sambas Purbalingga

VAKSINASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISTIQOMAH SAMBAS

2 min read

PURBALINGGA – Pada hari Selasa, 28 September 2021 dilaksanakan kegiatan vaksinasi yang bertempat di Kompleks SMP Istiqomah Sambas Boarding School Puteri. Kegiatan vaksinasi ini diikuti oleh 500 peserta yang terdiri dari peserta didik/ santri LPIS yang ada SMPIS, SMPIS Boarding School, maupun MA Tahfidul Qur’an.

Peserta didik/ santri yang akan divaksin dosis 1 ini harus memenuhi persyaratan yang ditentukan, yaitu berusia minimal 12 tahun, selama 3 bulan terakhir tidak terpapar Covid-19, dan mendapatkan ijin dari orang tua untuk divaksin. Dengan demikian, bagi peserta didik/ santri yang usianya belum genap 12 tahun ataupun yang dalam 3 bulan terakhir terpapar Covid-19 secara otomatis tidak diikutkan dalam kegiatan tersebut.

Selain petugas vaksinator, di lokasi tersebut juga telah disiapkan para guru/ ustadz yang bertugas mengatur kelancaran jalannya kegiatan vaksinasi tersebut. Peserta yang telah tiba di lokasi langsung diarahkan oleh petugas untuk menuju ke ruang regristrasi awal dan screening untuk dilakukan pengecekan kondisi fisik dan kesehatan peserta sehingga benar-benar dapat dipastikan bahwa peserta sudah memenuhi syarat untuk divaksin. Setelah melewati registrasi awal dan screening, kemudian peserta masuk ke ruang vaksinasi. Di ruang tersebut peserta menunggu dipanggil untuk divaksin oleh petugas vaksinator. Cukup heboh juga suasana di ruang ini. Tentunya ini adalah merupakan pengalaman yang jarang mereka alami. Sehingga wajar saja apabila diantara mereka ada merasa tegang, cemas, takut, bahkan sampai ada yang menangis dan teriak histeris ketika divaksin. Tetapi alhamdulillah semua peserta berhasil divaksin dengan baik dan lancar.  Tahap selanjutnya, peserta diminta menuju ke ruang pendataan akhir dan observasi. Mereka harus menunggu observasi minimal selama 15 menit. Setelah dari hasil observasi tersebut tidak bermasalah, maka peserta akan mendapatkan kartu vaksin, namun apabila selama masa observasi tersebut timbul gejala atau keluhan pascavaksin, maka akan segera ditindaklanjuti oleh petugas kesehatan yang bertugas di tempat tersebut.

Kegiatan vaksinasi di kompleks SMP Istiqomah Sambas Boarding School ini dapat terlaksana dan berjalan dengan baik atas kerja sama antara LPIS dan  Dinas Kesehatan Purbalingga, dan RSUD Goetheng Taroenadibrata Purbalingga.  Sebagai tindak lanjut atas kegiatan ini, akan dilaksanakan vaksinasi dosis 2 yang rencananya akan dilaksanakan sekitar 28 hari  setelah vaksinasi dosis 1 ini di tempat yang sama.

Kepala SMP Istiqomah Sambas Purbalingga, Syaefudin Purwanto, S.Pd.  mengatakan bahwa dengan diadakannya vaksinasi bagi para peserta didik/ santri ini akan dapat membantu percepatan penanganan pandemi Covid-19. Selain itu, diadakannya vaksinasi ini adalah sesuai dengan anjuan Presiden dan Menteri Pendidikan bahwa sebagai salah satu syarat untuk pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah/ madrasah adalah seluruh warga sekolah/ madrasah harus sudah divaksin.

“Sebenarnya jumlah siswa kami lebih dari lima ratus anak. Sebagian peserta didik/ santri sudah ada yang ikut vaksin di luar sekolah dan kami mendapatkan jatah 500 dosis vaksin. Oleh karena itu bagi peserta didik/ santri yang mendapatkan vaksin dosis 1 akan diarahkan untuk mengikuti vaksinasi di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Lebih lanjut juga disampaikan bahwa untuk guru di LPIS juga telah mendapatkan vaksin untuk dosis 1 dan dosis 2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *